Berpikir desain sebenarnya adalah konsep yang sudah ada sejak lama dan hingga saat ini sudah banyak dipelajari, akan tetapi masih jarang dieksplorasi meskipun memiliki potensi yang sangat besar dalam perbaikan bisnis atau organisasi. Organisasi-organisasi inovatif seperti IDEO, Apple dan Google dengan cepat telah mengadopsi pendekatan konsep berpikir desain dalam hampir semua lini kegiatan organisasinya, mulai dari pengembangan produk, promosi, pemasaran dan masih banyak lagi. Saat ini bidang inovasi dan kreasi semakin berkembang pesat, tidak terkecuali konsep berpikir desain yang asal-muasalnya diturunkan dari proses kerja para desainer. Berpikir desain dapat membantu kita mengekstrak, mengajar, mempelajari, dan menerapkan teknik yang berpusat pada manusia ini secara sistematis untuk memecahkan masalah dengan cara yang kreatif dan inovatif dalam desain, bisnis, bahkan dalam kehidupan kita.


Adapun tujuan dari materi pembelajaran ini meliputi:

1. peserta akan mempelajari dasar-dasar konsep berpikir desain dan langkah-langkahnya;

2. peserta akan berlatih masing-masing langkah secara rinci berikut dengan contoh ilustratif agar mendapatkan penjelasan lebih jauh pada setiap tahapan berpikir desain yang terdiri dari penelitian pelanggan, mendefinisikan masalah, prototyping;

3. peserta juga akan mempelajari tahap pengujian sehingga anda bisa mendapatkan gambaran jenis hasil dari masing-masing metode. 

4. peserta dapat langsung menerapkan pada usaha di dunia nyata maupun untuk anda yang menginginkan mempelajari teori dasar mengenai berpikir desain.

Course Curriculum

Choose a Pricing Option

FREE

Promo Free Access

Kursus Gratis Sampai 31 Maret 2021

Harga normal Rp. 150.000,- untuk durasi akses 2 bulan (60 hari)

Dr. Maria Widyarini


Maria adalah dosen di Universitas Katolik Parahyangan dan banyak terlibat dalam aktivitas penelitian maupun proyek dengan jejaring dalam dan luar negeri di bidang kewirausahaan sosial, value chain, berpikir desain, keuangan dan beberapa kegiatan yang berhubungan dengan industri kreatif. Maria juga menjadi salah satu co-founder dua perusahaan rintisan yang bergerak di bidang literasi digital, baik untuk penyandang disabilitas maupun untuk generasi masa depan. 


Bersama dengan Timothy Andrianus Philemon dan Riarni Adina Ardanareswari mendesain pembelajaran Design Thinking for Business Innovation.

Share Course: