Kursus ini memberi pengantar dan mengenalkan teori untuk menyelesaikan persoalan, dimana solusi yang diharapkan bersifat inventif.  Solusi yang merupakan pendekatan atau temuan baru untuk menyelesaikan persoalan tersebut. 

Invensi selalu melibatkan kontradiksi parameter dan solusi inventif bersifat ‘terobosan’, yang mendamaikan kontradiksi parameter-parameter tersebut. Kontradiksi dibedakan menjadi kontradiksi technical dan physical. Solusi berupa kompromi terhadap parameter yang kontradiktif tidak dapat dikatakan sebagai solusi yang inventif. TRIZ menawarkan metode untuk memberikan solusi terobosan tersebut.

TRIZ adalah theory of inventive problem solving, pertama kali dikenalkan di Rusia. TRIZ adalah cara/tool/metode sistematis untuk mengakses pengalaman dan pengetahuan inventor sebelumnya, dan menggunakannya untuk menghasilkan solusi yang inovatif. Contradiction Matrix dan prinsip-prinsip separasi dimanfaatkan untuk berpikir kreatif dan inventif untuk menyelesaikan suatu persoalan.

Pada akhir kursus ini, peserta diharapakan mempunyai kemampuan untuk:

  1. Memahami dan menjelaskan sejarah dan prinsip-prinsip TRIZ untuk penyelesaian persoalan;
  2. Menggunakan contradiction matrix untuk penyelesaian persoalan yang dirumuskan dalam bentuk technical contradiction;
  3. Merumuskan dan menyelesaikan persoalan dalam bentuk physical contradiction;
  4. Memahami konsep dasar ideality
  5. Belajar dan mendalami lebih lanjut TRIZ untuk beragam penyelesaian persoalan.

Pada kursus ini, setiap video pembelajaran dilengkapi dengan bacaan tambahan untuk studi lebih lanjut secara mandiri. Pada bagian akhir kursus, pustaka berisi penerapan TRIZ pada berbagai macam disiplin ilmu diberikan: business, project management, innovation management, product development dan chemical engineering.

Choose a Pricing Option

FREE

FREE

Akses gratis untuk masa promosi dan pengenalan kursus baru

Budi Husodo Bisowarno


Budi H.B merupakan dosen di Jurusan Teknik Kimia, Universitas Katolik Parahyangan, yang menekuni perancangan proses dan operasi untuk integrated systems khususnya reactive distillation processes. Perkembangan selanjutnya, Budi mendalami beragam reactive separation processes, seperti extractive and azeotropic distillation, dividing wall column dan reactive dividing wall column. Belakangan, Budi juga tertarik dan mengajar mata kuliah Teknologi Produk yang mengajarkan tahapan pengembangan produk (kimia) dan aspek bisnis dalam pengembangan produk tersebut dalam mata kuliah Technopreneurship. Selain itu, mata kuliah lain yang diampunya adalah Pengendalian Proses, Peristiwa Perpindahan, dan Manajemen Inovasi.

Khususnya dalam pengajaran Teknologi Produk, Budi menyadari perlunya berpikir kreatif dan inventif untuk menghasilkan produk dan jasa yang kompetitif. Hal ini membawanya mendalami TRIZ, sebagai teori, tool dan metode yang terbukti mampu menghasilkan inovasi, terobosan untuk berbagai persoalan yang dirumuskan sebagai technical and physical contradiction.

Budi mempunyai latar pendidikan sarjana teknik kimia dari ITB dan master serta doktoral di bidang chemical engineering dari Curtin University, Australia.

Share Course: