Peran Marketing Research di Era Revolusi Industri menjadi topik Webinar UNPAR+, yang dilaksanakan pada Kamis, 11 Maret 2021 dengan narasumber Bapak Susan Adi Putra, dari PT Populix Informasi Teknologi. Pada awal pemaparan, riset pemasaran dimaksud didefinisikan terlebih dahulu sebagai kegiatan penelitian di bidang pemasaran yang dilakukan secara sistematis mulai dari perumusan masalah, perumusan tujuan penelitian, pengumpulan data, pengolahan data dan interpretasi hasil penelitian. Cakupan luas riset pemaran lalu diuraikan lebih detail.

Pemaparan juga membahas perkembangan riset pemasaran, mulai dari mendengarkan tanggapan / masukan dari konsumen untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen (past), memahami seberapa besar harapan dan keinginan konsumen terhadap suatu produk / layanan (now), dan memahami pola perubahan kebiasan konsumen terhadap suatu produk / layanan di masa mendatang (then). Riset pemasaran dengan fungsi melakukan prediksi ke depan ini makin didukung dengan metode predictive analysis, yang makin mumpuni.

Paparan selengkapnya dapat diakses di sini: Peran Marketing Research di Era Revolusi Industri.