Optimalisasi Strategi Digital Marketing 2021 menjadi topik menarik webinar UNPAR+ yang diselenggaralan pada Kamis, 4 Maret 2021. Bapak Juanda Rovelim, Founder Kavlink Solusi Digital dan CEO PT. Panca Sinergi Kreasi Jaya membahas dan memperdalam dengan contoh dan praktek bagaimana strategi digital marketing khususnya untuk para pemula,

Digital Marketing is FUN. Paparan yang menarik (FUN) untuk strategi, mengikuti alur F - formation, U - unique, dan N - niche market. Pada dasarnya, pebisnis tetap harus mengenali dirinya, kekuatan bisnisnya dan tentu saja mengenali kompetitornya. Langkah marketing dilakukan ketika sudah confident, percaya diri dan home-base dalam kondisi baik, sehingga tidak 'menipu' kepada calon konsumennya. Ada banyak digital tools yang dapat digunakan, dan beberapa bisa diakses secara gratis, tetapi peran dan kemampuan manusia tetap menentukan keberhasilan marketing.

Contoh praktis pemanfaatan digital tools, seperti Youtube, Facebook, Instagram dan Google, dipaparkan pada webinar ini. Optimasi beragam digital tools diantaranya email marketing, website, whatsup group, konten/copy writing, funnel, juga dikenalkan secara menarik. Pada bagian akhir paparannya, Bapak Juanda berpesan untuk fokus kepada kekuatan, tidak harus mengerjakan semuanya, tidak mesti menggunakan semua digital tools; dan bekerja sama dengan pihak lain (outsource) untuk pengembangan bisnisnya.

Paparan selengkapnya dapat diakses di sini: Optimasi Strategi Digital Marketing 2021.