Paulus Winarto, seorang penulis buku dan leadership trainer dari John Maxwell Team, menjadi pembicara pertama pada webinar UNPAR+ pada tahun 2021, webinar dadakan pada Jumat, 29 Januari 2021. Topik klasik dan selalu relevan sepanjang masa yang disampaikannya adalah Servant Leadership, seorang pelayan yang memimpin pengembangan organisasinya. Servant Leadership ini juga menjadi judul buku terbaru yang diterbitkannya.

Webinar dibuka dengan pemahaman makna leadership, bahwa leader berperan penting dengan memberi pengaruh ke sekitarnya. Makin besar kemampuan leadership, makin besar peluang organsiasi untuk berkembang, Seringkali pertumbuhan organisasi dibatasi oleh kapasitas pemimpinnya. Semakin besar wewenang dan tanggung jawab (responsibilities) seorang leader, makin kecil dan sempit hak (right) yang dimilikinya, termasuk hak pribadi yang dinikmatinya. Prinsip ini seringkali bertentangan dengan kenyataan, dimana pemimpin menuntut hak dan keistimewaan untuk dinikmatinya.

Pembahasan mendalam dengan contoh menarik yang juga didiskusikan mencakup 5 (limas) aspek servant leadership, yaitu servant’s heart, tour leader, mentor, connector dan team builder. Pemimpin mesti bertanya terus menerus, meneliti harinya, apakah motivasi dan tujuan yang hendak dicapainya. Pemimpin juga mesti selalu berada di depan dan memberi teladan, bukan sekedar memberi arah dan pendampingan; tapi memberi dirinya dalam relasi yang personal dan peduli dengan pengikutnya. Pemimpin bukan juga sekedar meraih prestasi atau jabatan vertikal, tapi mempunyai hubungan relasional secara horizontal. Dan pemimpin juga mesti membangun tim, yang nantinya akan meneruskan hasil-hasil pekerjaannya.

Paparan selengkapnya dapat diakses di sini: Servant Leadership.