Dalam persaingan bisnis yang ketat pada saat ini semua perusahaan mengeluarkan jurus terbaiknya untuk mempengaruhi target market. Bagaimana agar mereka dapat sebanyak-banyaknya melakukan penetrasi di pasar.

Adapun bersinggungan dengan hal di atas tidak kalah menariknya bahwa konsumen pada saat ini bukanlah seperti katak dalam tempurung, mereka dapat mengetahui secara detail kualitas, proses produksi ataupun kebenaran marketing campaign yang diusung oleh sebuah brand dengan sebuah cara simple. Google it!
Teknologi, konsumen, dan produk adalah tiga mata rantai dalam kehidupan market pada saat ini, tidak dapat dipungkiri bahwa teknologi sangat mempengaruhi cara seorang konsumen berpikir dan mengambil keputusan, the world become very small dan hal tersebut terkadang membuat diferensiasi sebuah brand menjadi lebih sulit untuk dibedakan, karena konsumen cenderung dapat dengan mudah membandingkan sebuah produk dengan produk lainnya dengan meneliti spesifikasi, produksi, dan segala macamnya dengan berjuta-juta data yang lalu lalang di internet. Melihat hal tersebut, anda harus melakukan sesuatu hal yang kreatif untuk memperkaya strategi marketing yang anda buat.

Creative is not only about the difference

Pada saat anda mendengarkan kata kreatif mungkin akan anda asosiasikan dengan sebuah kata yang berbunyi : berbeda. Saya ingin memberitahu anda bahwa itu terlalu sempit.

Kreatif disamping mengandung makna berbeda tapi juga mengandung originalitas. Originalitas membawa kita ke khazanah berbeda, kita mungkin dapat berbeda, tapi berbeda dengan siapa? Namun pada saat anda membuat suatu program kampanye yang merupakan ide orisinil dari tim kreatif anda, percayalah anda akan memiliki posisi yang lebih baik di pasar.

Selain original, juga mengandung makna aplikatif. Aplikatif adalah pada saat ide yang anda berikan kepada pasar dapat diterima dengan gampang, ataupun mengandung unsur tips, pesan yang dapat diterapkan ke dalam strategi komunikasi anda dengan efisien tanpa harus mengeluarkan biaya yang luar biasa besar.

Terakhir adalah valuable. Maksud saya disini adalah setiap ide marketing anda haruslah valuable bagi konsumen, percuma anda membuat sebuah program luar biasa kreatif tetapi melupakan unsur value apa yang mau diberikan kepada konsumen. Ingat semakin valuable sebuah pesan ataupun strategi yang anda luncurkan ke pasar, maka relationship yang anda bangun dengan konsumen akan semakin kuat. Selamat berkreatif ria. (Dianta Hasri)